The Handshake: Ajang Silaturahmi Non-Lebaran Kedua (Buat Saya)

Melipir sejenak dari postingan soal pengalaman bekerja di negeri jiran, sekarang gw mau menuangkan jiwa fandom dulu ah. Hahaha. Jadiiii, klo misalnya ada yang iseng baca-baca blog gw ini ke bawah-bawah, ga bakal lama bakal ketauan sih klo gw itu demen idol-idolan. Yah… Malah gw sebut, yang belom ngeh jadi ngerti kan. orz

Sekarang gw mo cerita-cerita soal pengalaman kedua gw bertemu kangen dan silaturahmi sebentar dengan beberapa member JKT48. Yoi. JEKETI FORTI EIT! Kekinian banget ga sih gw idolnya? Gw dapet kesempatan buat ikutan handshake event yang Gingham Check, sekitar 2 minggu yang lalu. Sebenernya sih ga sengaja. Emang kebetulan dapet tugas dari si bos buat client visit tanggal 8-10 Oktober kemaren, jadi ya disekalianin aja balik dari tanggal 3. Ngga koq, ngga bela-belain cuti pas tanggal 3 ama tanggal 7 koq, ngga. Ngga koq, ngga beli-beli tiket jauh-jauh hari koq, ngga. Ngga koq, ngga pake rayu-rayu si bos biar sekalian client visit segala koq, ngga. Bener deh. Beneran.

Kaya slogan iklan salon 90an, “Percayalah apa yang dikatakan Rudi!”
Tapi saya bukan Rudi. Jadi….. *nyengir*

Eeeeeniwei. Akhirnya gw dateng ke event ini bersama anak-anak jalanan aspal. Datengnya agak buru-buru gara-gara Sesi 1 itu jam 10 dan kita baru berangkat dari Pondok Bambu 9.30. Tapi berkat Rey yang sama unggulnya di belakang setir seperti di belakang keyboard, yang ikutan Sesi 1 masih sempet berjumpa dengan sumber rindu mereka. Untung aja kloter gw ga berangkat dari Bekasi. *fiuh* Gw sendiri ga bersilaturahmi dengan banyak member koq. Pada akhirnya gw cuma berpegangan tangan dan bertatap penuh makna sama (sesuai peringkat prioritas rindu *gitu*): Nina, Shani, Lidya, Yona, Acha, Shania Gracia (gw panggil Esji), Desy, Veranda, dan Rica.

P (Pembaca): Buset! “Cuma” sih ya 9 member…
G (Gw, bisa juga Ganteng): Yaaaa… Jarang-jarang juga sih kan, gapapa laaa~
P: Pasti make banyak tiket HS ya ini ya? Sasugaaaa!
G: Kagaaaa. Cuma dikit koq.
P: Ah! Kamu kan bukan Rudi!
G: Yeee.. Beneran kali ini, ga pake boong. Paling banyak ama Ve, itu juga cuma 4 tiket.
P: Eh? Kali ini? Berarti yang di atas yang sekalian tugas itu boong?
G: Eh? Apa? Gimana? Bentar coba saya jangan diganggu mo lanjut nulis dulu…

Ya karena jarang-jarang bisa ketemu sama mereka, konsentrasi kangen gw udah jenuh banget sih. Makanya kudu disalurkan biar ga, terlalu kental. Entar keras. *uhuk* Pas HS sendiri cuma ada sekelumit momen-momen yang bikin senyum-senyum sendiri klo diinget-inget lagi. Pas ngasihin gift itu mereka reaksinya macem-macem, ada yang excited, ada yang stay cool, malah ada yang kaget mundur gara-gara ngira klo gw ngluarin gunting ^^; Buat gw pribadi sih yang paling kena itu momen sama Rica dan Ve, disusul Desy di urutan ketiga.

Maria Genoveva Natalia Desy Purnamasari Gunawan *fiuh*
Photo by Andika Anwar

Flashback dikiiiit, gw landing di SHIA itu tanggal 3 jam 2an dan langsung cabut ke fx, ngejar Pajama Drive. Ceritanya mo ngasi tau klo besokannya bakal dateng HSnya dia. Pas HS sendiri untungnya si Desy masih inget gw. Hahaha. Anak ini emang lucu sih ya, bawaannya seneng gitu ngobrol ama dia biar bentar doang juga. Gapapa deh, yang penting kemaren anak-anak jalanan aspal pada kenalan ama Desy, semoga ikutan ngdukung Desy juga ya! Btw, di event ini gw malah menang banyak di booth jualan coklat itu. Bisa ngobrol-ngobrol sama Beo Acha, Desy, dan Esji (lucu banget!) sekalian bertiga dan berasa 3-4 tiket sendiri. Hahaha.

Rica Leyona
Photo by Andika Anwar

Nah ini dia nih jagoan gw klo jeketi-jeketian! Setelah di HS sebelumnya blepetan pas ngomong, di HS sekarang sukses menyapa dengan “Hai mata kejam!”. Hahaha. Sebenernya mah HS ama Rica ini cuma pengen ngasih gift aja. Tapi akhirnya beli buat dua sesi, itung-itung nraktir temen dan pacarnya yang akhirnya menghasilkan salah satu percakapan paling cihuy pas mereka cerita ke anak-anak. RRD bikin reka ulangnya lho! Ntar diuplot deh! Eniwei, agak sedih sebenernya ngliat jagoan gw jalurnya sepi. Beberapa omongannya pas HS semacam punya makna implisit “Ramein sesi aku dong. Sepi nih”. But then again, I might be overthinking stuff. Semoga next time bisa lebih banyak ya Rica~

Jessica Veranda
Photo by Andika Anwar

RAJA TERAKHIR!! Ibarat maen FF6, Ve ini Kefka banget (FF Classics FTW!). Bedanya, klo Kefka itu insane, Ve itu bisa bikin orang insane. Sama jauh lebih enak diliat aja sih daripada Kefka. Hahaha. Temen-temen RRD udah wanti-wanti soal HS ama Ve dan bener aja, ada kali gw 10 detik blepetan parah pas HS. Maklum, haki gw belum sekuat skymen, untung ga ampe tiba-tiba pingsan dan berbusa mulut gw. Hehe. Gimana ya? Udah suaranya lembut, matanya juga bikin adem. Sama Ve ini gw juga sebenernya cuma pengen ngasih gift sih. Seneng juga ngliat reaksi Ve bagus pas gw ngasi pembatas buku sama baggage tag,”Wah! Ini lucu banget!“. Hehe. Semoga kepake ya, Ve~

Anjir udah panjang aja..Saya akhiri sebentar lagi deh. Soalnya mo cerita satu kejadian lagi pas gw mau pulang ke Kuala Lumpur. Back story-nya, gw remeh (banget) dua kali maksa teateran di hari yang sama dengan kedatangan dan keberangkatan gw (ampe bawa-bawa koper ke teater, makasih dan maaf buat Kang Fikri dan tim sekuriti, udah ngrepotin ^^;).

Abis nyampe Jakarta, langsung Pajama Drive. Sebelum balik ke KL, Demi Seseorang dulu.
Efek rindu memang kadang seperti ini. Sayang ga sempet nonton jagoan gw. Belum tuntas deh rindunya. orz

Nah kan gw naik Garuda, pas masuk ke boarding lounge gw dapet stiker merah yang artinya Front Row. Selain stiker merah, ada stiker biru dan ijo yang artinya Middle Row dan Rear Row. Oke, now don’t beat me to the punchline, here. Hahaha. Pas mau boarding, I swear to God, si boarding officer-nya ngomong begini:

Oke. Yang ijo masih ada? Ijo? Oke ya, sekarang biru masuk ya.

DE JA VU! Dan gw pun berusaha kerasa untuk tak akan mengkhianati nahan ketawa! Hahahaha!!!

Advertisements

The Working Adult: Kisah Seorang Enhinir di Negeri Orang (2-bersambung)

Jadi sekarang gw mau nglanjutin certa-cerita pengalaman gw sebagai TKI di Malaysia. Sebenernya TKI itu istilah yang bisa gw pake ga sih? Soalnya gw kan mikirnya TKI itu Tenaga Kerja Indonesia dan gw ya orang Indonesia yang bekerja di Malaysia. Anywho, kerja sebagai engineer di Malaysia (lebih tepatnya di Kuala Lumpur) itu ternyata cukup menyenangkan. Karena jatohnya ya gw dihargai sebagai expatriate di sini. Tanggung jawab yang gede sih buat gw, setiap saat bisa aja kan ada engineer lokal yang tentunya akan lebih murah. Tapi ini membuat gw bisa ngliat situasi di Indonesia dari kaca mata expat.


Ini .gif-nya ga nyambung sih, cuma mau ngasi tau doang soalnya.
Kaca mata saya belinya di Jeonju lho, di toko kaca mata orang tuanya Taeyeon. Ehe~

Seperti yang gw bilang di blogpost untuk seri ini sebelumnya, there’s rarely a dull moment in here. Well, seengganya pas weekdays. Klo pas weekend…Err…Gw bahasa di blogpost selanjutnya aja kali ya (yes, nambah bahan). Kenapa jarang ada dull moments? Because this is my FIRST FRIGGIN’ JOB! Pengalaman kerja gw ya efektif nol. Jatohnya banyak momen di mana gw suka kesel sendiri berasa kaya incompetent numbnut. Hahaha. Ya gimana ngga, lima minggu setelah gw masuk, kolega gw kudu keluar Malaysia selama dua minggu. Jadilah project yang lagi dia kerjain itu dioper ke gw sementara. Project yang biasa dikerjain engineer berpengalaman 5 tahun dioper ke engineer berpengalaman 5 minggu. Let that sink a moment in your head. Lima tahun versus lima minggu.

Confused!!
Reaksi pertama gw: “Ini model* musti gw apain?”
*) Model reservoir. Klo model semacam Yeon Dabin gitu, gw udah ngerti kayanya harus ngapain. Ehe..

Seperti yang sudah gw duga, gw ga bisa berbuat banyak. Untungnya si proyek ini ga lagi dikejar deadline, jadinya setelah gw utak-atik dan masih ga berhasil dapet solusinya juga, si engineer yang berpengalaman pun kembali ke KL dan kembali ngerjain ni proyek. Fiuh. Lega rasanya. Bisa elus-elus dada. Elus-elus dadanya siapa hayo~ *dilempar pemirsa karena aura pervert mulai menyeruak*

Ga berapa lama setelah itu pun gw dikasih tugas training pertama gw. Trainingnya di Jakarta. Jadi gw jatohnya pulang ke Jakarta, dibayarin tiket pesawat, dan dikasih hotel. Sedap. Agak gugup sih tapi sebenernya, biar bagaimanapun ini adalah training gw yang pertama. Pertama kalinya bawa nama perusahaan ke orang lain secara tatap muka. Untungnya semua berjalan dengan lancar dan gw rasa gw dapet feedback yang cukup baik dari klien-klien yang dateng. So, first training assignment, DONE!

YEAH!
HORE!!! BERES!!! GA MALU-MALUIN PERUSAHAAN!!!

Buat gw pengalaman training ini cukup surreal gitu deh.

Pembaca: “Emang surreal artinya apaan, Van?
Gw: “Tau lah! Susu pake sereal kan?”
Pembaca: “…..”

Ga ada setahun yang lalu (dihitung dari pas gw ngasi training pertama), gw adalah orang yang duduk dan menerima training dari perusahaan ini. Dan sekarang, gw adalah orang yang berdiri di depan dan ngasih training. Man, how time goes…

The Farewell: Rest in Peace, Azhar

Hari ini gw dapet berita duka. Temen gw, anak Sipil ITB 2005 dan kawan satu hobi, Azhar Rolib dikabarkan meninggal dunia. Pertama dapet berita dari temen gw dari WhatsApp, ga percaya gw. Gw minta temen-temen gw dari circle RRD buat konfirmasi. Kemudian gw liat Facebook-nya Azhar. Isinya ucapan duka cita dan selamat tinggal semua. Gw langsung shock.

Azhar sama gw ga bisa dibilang temen deket. Malah beberapa bulan sebelum ini, pertemanan kita agak renggang gara-gara ada salah-salah omong. Azhar itu memang unik. Dia begitu passionate dengan hobinya, sangat fokus. Mungkin ini penyebab kerenggangan pertemanan gw sama Azhar. Tapi itu ga lantas membuat gw mengganggap Azhar sebagai bukan teman sih. Karena pada dasarnya dia orang yang baik. Gw pribadi beberapa kali ditolongin sama dia di beberapa situasi. Buat gw, Azhar adalah seorang teman dan ini membuat gw tetep sedih denger berita ini.

Gw pertama liat Azhar itu pas sidang umum penerimaan mahasiswa baru ITB. Ga ada yang ga ngliat Azhar gw rasa. Dia masih gede banget dulu. Abis itu ga ketemu-ketemu lagi. Dia di Sipil, gw di Perminyakan. Jauh. Kemudian setelah sekian lama, dia yang nyapa gw duluan di fx Senayan. Gw pangling, dia jauh lebih kurus dibandingin pertama kali ngliat. Dari sini lah gw lebih deket ama si Azhar, sama-sama nonton Teater JKT48. Bahasa romantisnya, JKT48 ini lah yang kemudian jadi penghubung gw dengan Azhar. Waktu bergulir. Hahahehe bareng di fx Senayan, melipir dikit ke PJS (pinggiran Jalan Sudirman) buat ketoprakan, ngobrolin siapa di eye-lock siapa, ke-stun sama member yang mana, diwaro sama siapa, dan seterusnya.

Siapa sangka, hahahehe bareng pas event Handshake Flying Get di Balai Kartini, nyiapin event jeruk buat Dhike itu bakal jadi momen hahahehe bareng terakhir gw sama Azhar.

Fast forward to today. Udah ga akan ada lagi tuh obrolan-obrolan bareng Azhar. Pertama kali dikonfirmasi klo Azhar meninggal, reaksi gw cuma satu, “Ya Tuhan. Perpisahannya harus begini banget ya?” Gw langsung ga bisa konsen kerja dan minta ijin ama bos gw. Di apartemen, mata gw langsung basah. Tapi ya memang beginilah rencana Tuhan. Beginilah yang Dia pandang baik. Untuk Azhar, dan untuk kita semua yang ditinggalkan. Semoga keluarga dan kawan-kawan yang ditinggalkan diberikan ketabahan serta kekuatan untuk mengikhlaskan kepergian Azhar.

Rest in peace ya, Zar. Langit di sana cerah kan?

Terima kasih ya Yona. God bless your kind spirit.

The Flight: Random Thoughts on Garuda Indonesia

Kali ini gw pengen nulis blogpost soal Garuda Indonesia.

Pembaca Budiman: “Lah, kenapa? Koq tiba-tiba Garuda Indonesia? Kemaren baru JKT48. Jauh amat!
Penulis Blog: “Karena generasi muda jaman sekarang kurang memiliki spontanitas! Masih banyak yang text book! Dengan menulis tiba-tiba tentang Garuda Indonesia seperti ini, saya ingin memberikan contoh spontanitas!!
PB: “Wah! Mulia dan inspiratif sekali alasan di balik penulisan blogpost kali ini!
PB (lah PB lagi): “….Engga sih. Sepik doang itu. Aslinya mah gara-gara tadi ngliat video ini di YouTube. Hehehe.

PB: “Yeeee. Btw, ini PB-nya Pembaca Budiman ya wahai para pembaca sekalian~
PB yang Penulis Blog: “Lah! Ini omongan fiktif pembacanya koq breaking the 4th wall? Apa-apaan ini?!

*kemudian hening*

Ehm. Ehm. Jadi sebenernya Garuda Indonesia (singkat jadi GA aja ya, panjang boi) dan gw punya sejarah yang lumayan panjang. Bukan, bukan karena dia sekarang mantan saya. Mantan saya sekarang sudah suks- EHEM. Kenapa jadi colongan sih saya? Oke, jadi sejarahnya itu adalah gara-gara bokap gw adalah pensiunan GA. Dari sejak kecil sampe sekarang, bokap gw udah kerja di Garuda Indonesia. Dari sejak gw kecil maksudnya. Bukan sejak bokap gw kecil. Soalnya agak kurang paham juga klo sejak bokap gw kecil, dia udah kerja di Garuda Indonesia. Bisa-bisa GA dituntut mempekerjakan anak di bawah umur. Ah asem, ngelantur.

Berkat bokap gw, banyak banget pengalaman berkesan gw dengan GA. Mulai dari naik pesawat pertama, terbang ke luar negeri pertama, ngliat kokpit itu gimana (dulu masih boleh), ngrasain duduk di Executive Class pertama (dibolehin ama kakak pramugarinya gara-gara pesawat kosong dan gw masih kecil), dan masih banyak lagi yang lain. Gara-gara pengalaman-pengalaman itu gw jadi berasa punya ikatan lebih sama maskapai ini. Bahkan ngliat livery-nya PK-GFN aja otak gw langsung ngulang kenangan-kenangan bersama GA, padahal seinget gw, gw ga pernah terbang pake pesawat dengan livery itu. Belon lahir boi. Hahaha.

GA PK-GFN dengan livery 1970-1980an.
Ke mana ya mug gw dengan desain livery ini? Ultra rare tuh sekarang!

Makanya ngliat video di atas, gw agak-agak merinding disko nontonnya. Terharu. Maskapai negara kita udah sampe sini. Setelah berbagai kasus di tahun 90an yang agak menciderai image GA, bahkan sempet di-ban dari langit Eropa, GA bisa bangkit jadi begini sekarang. Mulai dari revitalisasi fleet, ngbuka rute CGK-AMS (Jakarta-Amsterdam), sampe masuk jadi member ke-20 SkyTeam. Bahkan ada rencana untuk buka rute dari Jakarta ke London via Amsterdam. Luar biasa. Yah, walaupun gw mungkin bukan siapa-siapa di mata Garuda Indonesia (GarudaMiles Silver aja belon!), tapi sebagai orang yang merasa punya ikatan, gw selalu turut bangga sih dengan achievement-achievement dari flag carrier kita ini.

Sukses selalu Garuda Indonesia.

If you thank us for flying Garuda Indonesia, we thank you for flying our flag proudly.
And hopefully all across the world’s skies in the future.

The Fandom: Review JKT48 Theater “Pajama Drive” by 3rd Generation

Setelah sekian lama gw ga nulis blog ini, gw mau nulis review dari teater JKT48. Yak benar, TEATER JKT48. Orang-orang yang udah lama kenal sama gw sih harusnya udah tau klo sejak kuliah, gw udah mulai demen sama yang namanya idol-idolan. Pertama ketarik Fujimoto Miki dari Morning Musume, kemudian ketarik SNSD, yang diikuti oleh segala macam girl group K-Pop. Nah, sekarang yang paling baru adalah JKT48 ini. Awalnya sih ngikutin buat support temen gw yang akhirnya jadi member, tapi sekarang udah graduate (i.e. cabut baik-baik dari JKT48). Iya, gw punya temen ex-member JKT48. Fufufu. Jadi gw sekarang mau ngreview teater JKT48 setlist Pajama Drive oleh Generasi 3 (singkat jadi Gen 3 aja yak). Please note that gw belon pernah nonton setlist ini oleh generasi lain, jadi gw ga akan bikin perbandingan.

Pembaca Budiman (PB): “Wew. Emang member favorit lu siapa?”
Gw (G): “Rica
PB: “Lah terus koq Gen 3? Rica kan Gen 1
G: “Kemaren ada temen yang minta tolong bikin review soalnya
PB: “Siapa emang?
G: “Ada deh, mau tau aja lu kaya skyhorse” *lempar verif*

Gw langsung mulai aja ah biar ga panjang2 amat ni blog. *pasang setlist Pajadora biar menghayati nulisnya* Sampe sekarang gw dah nonton setlist Pajama Drive Gen 3 itu 3 kali. Hari pertama mereka, besokannya, dan seminggu kemudian. Yang gw nonton semuanya Tim Merah, karena emang gw tertariknya sama Tim Merah. Setelah nonton 3 kali ini, saya mantap membagi dukungan saya ke Desy, Gracia, dan Chika dari tim ini.

Desy~ Gracia~ Chika~Desy~ Gracia~ Chika~

PB: “Kenapa Desy?”
G: “Gw suka gaya dia pas MC. Apalagi di hari pertama. Menurut gw dia sukses ngambil karakter di situ dengan logatnya. Jatohnya beda dari yang lain.“
PB: “Lalu kenapa Gracia?”
G: “LUCUK! Iya emang masi 14 tahun sih. Tapi jatohnya kaya ngliat adek sendiri gitu, lucu banget pengen gw beliin es krim klo ketemu.”
PB: “Chika? Apakah karena lu suka Chiki?”
G: “Garing lu. Lagian gw lebih suka JetZ daripada Chiki (tua ya..). Alesannya gampang sih, Chika itu ngcover Tim Merah dan Tim Putih. Pasti bukan tanpa alasan yang didaulat ngcover dua tim itu dia. Dan emang keren sih performnya.”
PB: “Jadi-“
G: “Udahan dulu woi, mo review setlistnya!”

Terus terang gw agak susah ngreview lagu-lagu setlist yang mereka keroyokan. Bukan apa-apa, biar mereka keroyokan, mata gw pasti nyarinya ya tiga orang di atas itu. Jadinya kurang bisa ngasi review yang pantas. Jadi yang gw komenin kebanyakan unit song aja.

~ Tenshi no Shippo ~

Main: Peni, Grace, Gracia | Sub: Angel

Saya suka lagu ini. Soalnya Gracia di sini. *remeh* Gracia-nya di sini emang lucu sih. Pas sama pembawaan lagunya. Cuma mungkin karena masih baru, jadinya masih ada beberapa gerakan yang ngga pas antara tiga orang ini. Ekspresi muka ketiganya sih udah lumayan. Apalagi Dik Gracia. *bias* *banget*

~ Pajama Drive ~

Main: Anin, Elaine, Okta

Ini unit song yang ditunggu banyak orang yang nonton Gen 3. Kenapa? Karena ada Elaine-nya. Tapi buat gw agak sayang Elaine dimasukin unit song ini. Dia itu manis gitu tipe mukanya dan setlist ini ekspresinya serius gitu. Ya tetep manis sih, cuma yaaaa tetep berasa kurang cocok. Menurut gw yang pas di sini sih si Anin, lalu Okta.

~ Junjou Shugi ~

Main: Tya, Manda, Farin | Sub: Cia, Stefi

Ini sebenernya pas. Manda dapet Junjou merah itu pas. “Support”nya Tya sama Farin juga oke, walaupun bukan berarti mereka cuma jadi peran pembantu ya. Ibarat DoTA, Manda itu hero carry yang disupport healer di satu sisi dan disabler di sisi lain. Sayangnya, Manda masih agak kurang sharp jogetnya. Pas dia diganti sama Cia, keliatan klo Cia artikulasi gerakannya lebih oke dari Manda. Walaupun gw lebih suka ekspresinya Manda sih. Stefi sempet gantiin Tya di sini, tapi masih agak kaku.

~ Temodemo no Namida ~

Main: Milen, Shani

Unit song juara. Mungkin karena cuma dua orang, jadi ga susah buat Milen dan Shani buat nemuin chemistry mereka. Plus koreo yang ngga seribet unit song yang lain, jadi mereka terlihat lebih rapi sejak show debut. Di sini Shani yang nyolong perhatian gw sih, soalnya style rambutnya itu keren. Cocok sama kostum dan ekspresinya dia. Shani jadi keliatan elegan.

~ Kagami no Naka no Jean D’Arc ~

Main: Sofia, Desy, Cesen, Chika, Aurel

Unit song dua jagoan saya, Desy sama Chika! Mungkin ini unit song yang paling susah nemu chemistry-nya karena mereka berlima dan koreonya lari-larian ke sana ke mari. Bikin cape. Tapi agak berat nulis review unit song ini. Soalnya ga terlalu suka Desy di sini. T_T Mungkin karena dia tinggi sendiri ya di sini, jadi gerakan dia terlihat lebih kaku dibanding yang lain. Cesen punya beban berat di sini karena kayanya ga akan jarang dibandingin ama Kinal. Juaranya di sini buat gw si Chika. Gerakan dan ekspresinya pas. Sofia dan Aurel udah lumayan. Tapi Sofia kayanya butuh latian fisik lagi, staminanya masih kurang. Di akhir-akhir udah keliatan kecapean.

~ MC ~
Ini ga ngbahas MC abis unit song doang yak. Tapi keseluruhan. Buat sesi MC, Desy juara kelas. Dia ada terus dia setiap sesi MC dan bisa ngangkat mood. Berkat karakternya (baca: logat ngapak Cilacap), yang nonton juga kesengsem minta dia mulu yang ngomong. Yang gw demen, dia suka ngoper-ngoper ke member lain juga. Ini penting buat tim. MC abis Kagami sendiri jadi saksi gimana staminanya Sofia itu kurang. Dari pengalaman gw nonton teater, Sofia selalu ngos-ngosan pas MC abis Kagami. Chika juga MCnya oke, bisa ngjadiin kondisi dia sebagai bahan. Terakhir nonton dia keliatan klo ngga fit dari suaranya, trus malah ngjadiin itu jadi karakter seksi sesaatnya dia. Boleh lah. Gw lupa siapa, tapi masih ada yang kurang fasih memperkenalkan lagu-lagu setlistnya, diapalin lagi ya Dek.

That’s it. Ga terlalu panjang ya gw rasa? Tapi kayanya cukup ngcover pengalaman gw selama 3 kali nonton setlist ini oleh Gen 3. Klo kepanjangan juga kasian ntar kalian-kalian yang baca. Ntar kan klo yang baca member bosen. Halah, kaya bakal dibaca member aja. Siapalah saya ini, baca pojok kanan blog ini? I’m just a grunt in a field full of decorated generals. Maap klo ada salah-salah sebut nama, maklum, bukan sekaimen, Hahaha. Oke ya, sampe ketemu di teater selanjutnya~ *mendadak member*

PS: Mau ngasih pesen dikit deh buat jagoan-jagoan saya di Tim Merah Gen 3. *kalo baca*
Desy – Karakter kamu udah dapet banget. Pertahankan di situ. Bisa kayanya belajar dari Sisil caranya ngangkat mood pas MC. Jangan lupa oper exposure ke temen-temen yang lain. Koreonya latian lagi ya biar lebih luwes.
Gracia – Kamu ngomong dong pas MC. Kemaren udah dioper ama Desy trus diem aja. Kan kita juga pengen denger suara anak panah. Naikin lagi chemistry di Tenshi no Shippo. Seneng ngliat kamu sering dapet blocking bareng Desy. Hahaha.
Chika – Kamu keren. Sekali lagi pasti bukan tanpa alasan yang dipilih JOT adalah kamu untuk ngcover dua tim. Hang in there. Jaga kesehatan ya Chika. Naikin lagi fitness kamu, biar ga gampang tumbang. Klo lagi cape, baca liriknya Shonichi aja.
Desy-Gracia-Chika – SEMANGAT YA KALIAN!! Aku pasti jarang-jarang sih nontonnya, tapi kalian punya banyak fans lain yang pasti lebih hebat ngasi supportnya. Feast on it and grow better.

The Working Adult: Kisah Seorang Enhinir di Negeri Orang (1-bersambung)

Jadi akhirnya gw memutuskan buat bikin seri blogpost mengenai pengalaman gw sebagai seorang working adult. Klo baca di post sebelumnya (baca dong plis, tega amat), gw udah resmi diterima kerja di sebuah perusahaan Kanada, tapi ditaro di branch office di Kuala Lumpur, Malaysia. Dan intinya sih blogpost ini ceritanya pengen sharing tentang apa-apa yang gw alami dalam pekerjaan yang baru gw jalani ga nyampe 6 bulan ini. Kita mulai dari awal banget gw masuk ke tempat kerja ini deh.

Emang dasar gw beruntung (Puji Tuhan), pekerjaan gw dimulai dengan terbang dari Jakarta ke Calgary, Kanada. Kenapa gw terbang ke sana? Bukan karena pengen ketemu Robin Scherbatsky, tapi emang HQ perusahaan ini di sono dan gw disuruh training dulu selama sebulan di sana. WAW. SEBULAN. Pertama kali gw denger gitu sih jelas excited. Calgary itu kota yang bakal gw datangi untuk pertama kalinya dan gw akan langsung tinggal di sana selama SEBULAN! Mantap.

Hore bro! Joget dulu kita bro!

Tapi tentunya kepergian gw ke sana ngga segampang itu. Diawali dengan booking tiket pesawat. Jarak terdekat tentunya via Samudra Pasifik, dan emang banyak maskapai yang bisa jadi pilihan. Pilihan pertama gw itu rute Jakarta-Tokyo(yay!)-Vancouver-Calgary. Alasannya remeh, bisa mampir di Jepang dulu. Hahaha. Tapi apa daya, si bos milih rute yang lain. Karena gratis dan masih kroco, ya diikutin aja. Kerennya, rute pilihan si bos ini adalah Jakarta-Doha-Chicago-Calgary, yang otomatis adalah salah satu rute terpanjang via Samudra Atlantik. Dan bener aja, total penerbangan (plus transit time) lebih dari 30 jam! TIGA. PULUH. JAM. Dan hampir setengahnya dihabiskan di udara, duduk di kelas ekonomi. Percayalah, duduk di kelas ekonomi selama hampir 14 jam itu bikin pegel. Iya pegel, pengen senam kegel. *halah* Untung sih gw naik Qatar Airlines waktu itu. Seengganya masih lebih nyaman lah, plus dapet nonton beberapa film-film yang belom sempet gw tonton. Hehehe.


Mayan. Nonton lagi ah. Satuuu aj- *zzzzzz*

Hari-hari di Calgary sendiri berasa cepet banget berlalu. Tiap minggu gw ada training dan dengan beruntung bisa ikutan piknik tahunan di mana si CEO ngasi presentasi performa perusahaan selama satu kuarter terakhir plus memperkenalkan pegawai-pegawai baru yang masuk di tengah tahun terakhir. Seneng juga bisa ketemu banyak kolega-kolega yang ntah kapan bisa ketemu lagi. Beberapa di antaranya bener-bener jadi mentor gw selama di sana. Ada AB yang ternyata akan pindah ke Husky, tapi masih menyempatkan diri membawa gw ke Banff National Park; AA yang sama-sama pegawai baru tapi udah punya segudang pengalaman di bidang service sebelumnya; VP dan AN yang ngbantuin gw ngtackle kasus-kasus yang gw ambil (secara nekat banget dan sotoy), padahal belon juga dua minggu kerja; dan tentunya FH, si gadis asisten manajer yang mengisi hari-hari training gw dengan senyum manis dan sapaan hangatnya.


Untung inisialnya FH. Klo FHM kan jadi agak repot. *alasan buat masukin pic Felixia Yeap*

Bahkan gw juga ketemu salah satu engineer Indonesia yang dulu jadi pembimbing salah satu acara kampus. Diajak jalan-jalan di Downtown Calgary, dan ditraktir makan siang di salah satu pub lokal. Tapi emang dasarnya gw susah move on dari Korea, di akhir-akhir waktu gw di Calgary, gw malah jadi sering makan di restoran Korea di sana yang namanya Manrijangsung (만리장성). Waitress-nya manis-manis. Gw masih inget ada dua, yang satu langsing, rambut panjang hitam dan diikat ekor kuda, yang satu sedikit lebih berisi, berambut pendek dicat kecoklatan. Si rambut panjang mukanya lebih foxy, sedangkan si rambut pendek klo senyum lebih manis. Pada akhirnya, gw berhasil kenalan sama si foxy dan dapet Facebook-nya.

Pembaca: “Lalu udah? Di-add doang? Ga ada follow up-nya?”
Gw: “Ya nggalah. Tapi tentu sebagai pria budiman, harus dicek dulu statusnya. Dan…”
Pembaca: “Udah punya cowo ya pasti!”
Gw: “Ngga…Udah tunangan…”
Pembaca: “Ah…Sori bro…” *puk puk*

Aaaanyway, hari-hari training yang santai pun akhirnya berakhir di Calgary. Saatnya gw pergi ke Kuala Lumpur. Or so I thought.

Bos: “Eh, kamu ke Jakarta dulu aja ntar.”
Gw: “Kok ke Jakarta, Bos? Ga langsung ke KL aja?”
Bos: “Iya, jangan. Visa kerja kamu belom beres.”
Gw: “Oh…”

Di perjalanan pulang ke Jakarta (lewat rute yang sama), gw dapet window seat. Dan walaupun penerbangan dari Doha ke Jakarta sepertiganya diisi obrolan politik dengan bapak-bapak tetangga (canggih ya gw, udah ngobrol politik ama bapak-bapak), sebagian gw habiskan menatap keluar jendela pesawat dengan pandangan mata nanar, sambil berkata dalam hati,

Gila ya. Waktu emang cepet banget berlalu. Tau-tau udah masuk dunia kerja aja gw. Usia 26 tahun dan baru masuk dunia kerja. Mungkin agak telat. Tapi yah…Semoga aja gak telat untuk jadi seseorang yang berarti buat orang-orang di sekitar gw….Lagipula, setelah apa yang- HAH! ITU APA?! KOK ADA ELANG GEDE BANGET?! ITU KOK YANG JUBAH PUTIH KAYA GAND- *dikeplak pramugari*

Ternyata saya tertidur selagi berkontemplasi setelah nonton The Hobbit. Hehe.

The Caleidoscope: One Year Journey Through 2013

Bentar lagi tahun 2013 bakal berganti jadi tahun 2014. Luar biasa ya? Cepet banget rasanya waktu berlalu. Tau-tau udah mau ganti tahun lagi aja. Apa sih tahun 2013 buat kalian? Buat gw, tahun 2013 ini adalah Tahun Perubahan. Bukan, bukan berarti tahun 2013 itu penuh dengan rubah lho ya. Walaupun emang salah satu lagu yang happening banget di tahun ini ya berhubungan dengan rubah.

Iya. Lagu ini. Hah? Belom pernah denger? Makanya jangan ngebokep mulu!

Tapi beneran. Situasi gw saat mengawali 2013 dan mengakhiri 2013 ini bedanya lumayan jauh. Berubah. Gw sampe suka takut-takut klo jalan sendiri tiba-tiba ada wanita yang menghampiri sambil terisak dan berkata tersenguk-senguk, “Kamu…Kamu berubah!”, kemudian berlari meninggalkan gw sambil tersedu sedan. In all seriousness, gunanya kata “sedan” abis kata “tersedu” itu ape sih? Diskriminatif banget, klo punyanya cuma hatchback gimana? Kan ga enak, jadi tersedu hatchback.

Gw mengawali 2013 di sebuah club di bilangan Itaewon, Korea Selatan. Gw sengaja “cuti” dari lab buat tahun baruan di Seoul. Sejenak melarikan diri dari kepenatan menyusun tesis. It’s only my second time experiencing club scene in my life. Kenalan sama seorang gadis Cina dan beberapa gadis Vietnam. It’s good while it lasted. Jadi belajar klo cewe kalem itu klo udah di club dengan musik disko sebagai BGM, ternyata bisa jadi aktif dan well, ehem, sedikit liar. Jadi mikir, seandainya si DJ tiba-tiba mainin OST Street Fighter 2 apakah dia akan serta-merta mengeluarkan Sonic Boom? Atau muter-muter kek Chun Li? Gw lebih berharap yang Chun Li sih. For reasons.

Kyaa~ Enji Night~ Kyaaaa~

Sisa kuartal pertama 2013 gw habiskan berjibaku dengan tesis gw di Chonnam National University, Korea. Trus tau-tau ama si Prof gw disuruh ikutan training software-nya CMG, sebuah perusahaan yang bikin software simulasi untuk reservoir migas. Dari sini lah hidup gw berubah. Tau-tau trainer-nya minta CV gw. Gw kaget, kita saling bertatapan, kemudian angin berhembus kencang dan hujan rintik-rintik mulai turun di luar jendela. *halah* Next thing I know, gw ditelpon account manager di Dubai, sebut saja M, mau ketemuan ama gw di Seoul buat interview. Interview-nya sendiri cukup unik sih. Ngga kaya interview kerja yang gw bayangkan. Lah wong terakhirnya malah ngebir. Hahahaha. Yang lucu sih pas lagi di jalan ke tempat bir, terjadi percakapan berikut:

M: “You’re a good candidate. But I still need to discuss it with my boss since we also have another candidate.”
Gw: “Sure, no worries. I understand.”
M: “By the way, do you do any sports.”
Gw: “Yeah. I do most of the sports. More like jack of all trades, master of none tho.”
M: “Haha. You play football.”
Gw: “Yeah. I prefer to watch tho. Haha.”
M: “Oh. Do you like EPL then?”
Gw: “Of course!”
M: “Oh. Don’t tell me you like Manchester United…”
Gw: “Nope. I only support Liverpool.”
M: “NO SHIT?! I’M FROM LIVERPOOL! Okay, you’re accepted!” *laughs*
Gw: “Cool!” *laughs*

Siapa sangka jadi Liverpudlian bisa ngasi gw advantage pas interview kerja?!
YOU’LL NEVER WALK ALONE, INDEED!!

Ya gw tau sih itu becanda dianya. Cuma ya tetep aja kan. Bikin ngarep.

Abis interview gw konsentrasi lagi ke tesis S2 gw. Di pertengahan kuartal 2013, gw thesis defense. Walaupun salah satu profesor penguji kayanya kurang ngerti klo perhitungan matematis dari persamaan yang gw pake itu udah diitungin ama software yang gw pake. Jadi ya walaupun perhitungannya ribet, gw ga ngitung sendiri. Ya kali ngitung sendiri. Aing lain Richard Feynman. Puji Tuhan semua lancar dan thesis defense gw diganjar nilai A+.

Ga berapa lama setelah thesis defense, si Prof pun ngajak gw dan beberapa labmate ke konferensi yang kita kirimin tesis-tesis kita dari tahun 2012 buat dimasukin ke proceeding-nya. Yang keren, konferensi ini di US. Klo orang ngomong udah pernah ke Amerika, biasanya mereka ke New York, Boston, Los Angeles, Miami, dan kota-kota besar lain. Tapi yang bikin gw berasa lebih ganteng adalah konferensi ini di Anchorage, Alaska. ALASKA BOI!

Yup, gw dah ngliat orca di Alaska dengan mata kepala sendiri. Dan ini gw ambil pake Canon 600D gw. Nature sure is cool.

Beres konferensi, gw ijin buat cabut duluan dari kampus. Berhubung secara de jure, gw udah lulus. Gw memutuskan untuk ga dateng prosesi wisudaan, karena wisudaan itu September sedangkan gw Agustus udah diterima kerja. Jadi mau istirahat di Indonesia dulu. Tapi sebelum pulang ke Indonesia, tentunya gw sempatkan untuk mengunjungi Seoul Auto Salon 2013 dan bertemu model-model Korea nan aduhai. *kya kya Yeon Dabin* Dan emang hokinya gw, di Indonesia gw sempet nonton konser Girls Generation di MEIS, Ancol! Dapet tiket Red pula! Sungguh hore! *kya kya Sooyoung*

Dapet tanda tangan dari model-model favorit gw di Seoul Auto Salon 2013. Karena idol sudah mainstream. Yay!
Tetapi biar mainstream juga adik-adik SNSD ini tetap kyakya~

Sisa tahun 2013 setelah itu gw jalani sebagai seorang Reservoir Simulation Engineer di perusahaan multinasional asal Kanada. Ya itu, CMG tadi itu. Puji Tuhan, gw ternyata diterima dan mengingat ini adalah pekerjaan pertama gw, buat gw ini adalah berkat yang luar biasa. Sungguh luar biasa. Hanya di 5 bulan pertama ini udah banyak banget pelajaran dan pengalaman yang gw dapet. Mulai dari dikirim training sebulan di Calgary, Kanada sampe ngurusin residensi di Kuala Lumpur, Malaysia. Almost no dull moment at work and out of office. Can’t wait for next year’s challenges. Dan sekarang, gw lagi ngambil cuti. Biar bisa merayakan Natal dan Tahun Baru sama keluarga di Indonesia. Setelah sekian lama jauh dari mereka.

TL;DR Gw memulai 2013 sebagai mahasiswa Master di Korea dan mengakhiri 2013 sebagai karyawan untuk perusahaan Kanada di Malaysia. All thanks to Jesus and the support from my family and friends.