The Recipe: My Mom’s “Babi Kecap”

Yaaaa.. Jadi ini agak random sebenernya, tapi gue baru aja masak Babi Kecap pake resep nyokap dan sukses (YAY!). Kesuksesan ini bikin gue pengen bagi-bagi resep Babi Kecap dari nyokap gw. Hahahaha. Oke! LANGSUNG SAJA!

Bahan Persiapan:
1 kg daging babi (gue sih make 600-700g pork belly, sisanya lean pork)
1 buah bawang bombay
6-7 siung bawang merah
3-6 siung bawang putih
Jahe secukupnya (segede kacang gitu kali ya)
½ jeruk lemon (ato 2 jeruk nipis kali ya? klo ga ada lemon)
Garam secukupnya

Bahan Masak:
Butter secukupnya
½ buah bawang bombay
3-4 siung bawang putih
Biji pala (Myristica fragrans) secukupnya (klo ga ada pala bubuk juga gapapa kayanya)
Cengkih (Syzygium aromaticum) sekitar 7 atau 9 tangkai
Lada putih bubuk secukupnya
5-7 sendok makan kecap manis

9pwghpclPenampakan merek adalah ketidaksengajaan. Ya kali diendorse begonoan. Siapa gue..

Persiapan:
– Seperti bisa diliat di gambar di atas, itu babi potong-potong dulu sesuei selera.
– Bawang-bawangan ama jahe dicincang alus semuanya. Sehalus perasaan para penonton Kimi no Nawa (padahal belum nonton). Campur cincangan tersebut dengan potongan daging babi.
– Peras jeruk lemon/nipis, aernya campurin juga ke si babi tadi. Taburkan garam secukupnya.
– Aduk-aduk, klo bisa pake tangan agar lebih merakyat.
– Cuekin dulu, paling ngga 30 menit. Jangan lama-lama, nanti keburu diperhatiin orang lain.. Eh.. Ehem.. Anu, maap salah. Tapi gue sih biasanya abis diaduk, gue masukin kulkas trus masak besoknya.

Pengeksekusian:
– Panaskan wajan dan dinginkan pikiran. Jangan terlalu dipikirkan lah masalahnya.
– Masukin butter klo wajannya dirasa sudah panas.. Sebentar, jangan dirasa juga deng, ntar melepuh.. Dikira-kira aja. Biarkan ia meleleh dalam panasnya situasi.
– Cincang bawang bombay ama bawang putih. Masukin ke wajan. Tumis sampe kira-kira setengah mateng.
– Masukin adukan babi yang sudah diresapi sari-sari kenikmatan duniawi.
– Tambahkan kecap manis, lada putih, cengkeh, dan bubuk pala atau bahasa Inggrisnya nutmeg (yang ini, bukan yang ini).
– Trivia: Kata nyokap cengkehnya kudu ganjil. Gw tanya kenapa, doi jawab, “Ya pokoknya kata Oma sih harus begitu.” Awrite~ Agak klenik yah…
– Aduk-aduk sampe rata dengan api/panas sedang sekitar 5-10 menit.
– Sekiranya diliat udah rata itu bumbunya, ganti ke api kecil ato panas rendah dan biarkan masak selama 30-40 menit. Tapi sekali-sekali diaduk-aduk juga biar bumbu dan panasnya merata. Jangan didiemin doang. Dicuekin. Ga enak tau. Kaya udah paling oke aja lo. Ditikung orang tau rasa.
– MAKAN TUH! Babi kecapnya maksud saya. Enak ga? Klo belum enak, lemesin aja dulu. Katanya lama-lama enak kok. Babi kecapnya.

9pwghpclBeginilah kira-kira jadinya beliau jika sampeyan sukses. Selamat mencoba!
Advertisements